Home » Berita Terpopuler » Bupati Hugua Terpilih Sebagai Ketua Jaringan Pemerintah Daerah Maritim

Bupati Hugua Terpilih Sebagai Ketua Jaringan Pemerintah Daerah Maritim

Kendari –MySultra

Hugua, Bupati Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) terpilih sebagai  Ketua Jaringan Pemerintah Daerah Maritim di kawasan 6 Negara Anggota CTI (Coral Triangle Initiative) atau  dikenal dengan  Coral Triangle Initiative on Coral Reefs Fisheris and  Food Securuty Maritim Local Government Netork (CTI-LGN).

Bupati Wakatobi dua periode ini terpilih   pada  Pertemuan  Regional Forum ke 3  , tgl 25 – 27 Maret 2015 di  Kota Alotau Propinsi Milne Bay  Papua New Guinea

 Pertemuan itu dihadiri oleh perwakilan dari 6 negara CTI  ( Philipina, Indonesia, Malaysia, Timor Leste, Papua New Guinea, dan salomon Island),

Pada pertemuan tersebut   juga terpilih 2 orang wakil yaitu : Mr. Gita Elliot , Wali Kota Alotau Papua New Guinea dan  Mr. Nilo  Villanueva , Wali Kota Mabini Propinsi Batangas Philipina.  Mereka bertiga diberi amanah untuk menjalankan kebijakan pengelolaan Maritim  pada masing masing Negara dan antar Negara CTI pada  tingkat  masyarakat dan   tugas tugas  lain yang dimanahkan oleh   peserta jaringan.

 Hugua  dalam dalam keterangannya via email mengatakan,  Pemerintah Daerah adalah pelaksana utama  pengelolaan kawasan Maritim, konservasi dan  tujuan-tujuan keberlanjutan  program CTI pada tingkat Masyarakat , oleh karena itu maka pemerintah pada 6 negara CTI  harus benar-benar dapat memperkuat peran pemerintah daerah jaringan dan asosiasinya. Oleh karena itu maka peran Kantor Regional CTI di Menado sebagai perwakilan operasional 6 negara  harus dapat bekerja secara partnership  dalam implmentasi tujuan CTI di lapangan .

 CTI-LGN  adalah jaringan  para pimpinan (Bupati/walikota) Pemerintah Darah Pesisir dan maritim pada  6 negara CTI .  Jaringan ini bertujuan untuk   mengembangkan   pengelolaan Sumber Daya Maritim dan perikanan secara berkelanjutan,   perubahan iklim dan mengadopsi semua peraturan yang relevan dengan misi tersebut.

 Jaringan ini mulai dirintis sejak  tahun 2009 diawali dengan Mayor Round table  meeting  Para Bupati/walikota  6 negara CTI di Patuno Resort Wakatobi  yang menghasilkan Komunike  Wakatobi dan dilanjutkan  dengan pertemuan yang sama di Kota Manila yang melahirkan Deklarasi Manila  pada tahun 2012 dan dilanjutkan dengan Deklarasi  Alotau yang salah satunya melahirkan secara resmi CTI-LGN .

 Mengomentari terpilihnya Hugua, Walikota Mr. Nilo Villanueva ,  Philipina mengatakan,” Bupati Hugua adalah  Bupati  yang paling articulate  dalam pengelolaan kelautan dan konservasi di Indonesia, sebagai Ketua CTI –LGN  terpilih saya yakin akan dapat sukses membawa organisasi ini melewati semua tantangan bersama dengan  dukungan semua Bupati/Walikota maritim  6 negara CTI dan oraganisasi sejenis lainnya.” katanya

 Mr. Titus Philemon, Gubernur Propinsi Milne Bay  Papua New Guinea mengingatkan betapa berisikonya  sumberdaya kelautan dan perikanan yang dihadapai oleh 6 negara CTI .  lebih lajut beliau mengingatkan bahwa  laut dan sumberdaya ikan didalamnya adalah kebun bagi masyarakat, supermarket masyarakat, department storenya semua kehidupan kita.

Menurut Hugua, Organisasi CTI-LGN ini harus dapat menciptkan  Fundasi dalam meningkatkan keasadaran masyarakat pada 6 negara CTI  dan juga bekerja untuk  mengamankan supermarket  tersebut demi kelanjutan kehidupan kita.  Lebih jauh beliua menambahkan bahwa kita sudah menyepakati untuk masuk dalam ngara CTI dalam membangun kerja sama , maka semua kita, pemerintah, LSM dan semua pihak untuk memulai gerakan Save Laut kita, Save Karang kita demi kita dan kelanjutan generasi.

 Forum di Alotau juga telah menyepakati untuk menyempurnahkan aturan main dan struktur organisasi serta akan segera mengangkat Direktur  Eksekutive dan sataff untuk menjalankan tugas tugas harian organisasi. Disamping itu juga disepakatai bahwa akan melibatkan semaksimal mungkin peran perempuan dan membuka peluang seluas luasnya kepada semua Kabupaten/kota    di Indonesia maupun 5 Negara CTI lainya sebagai anggota serta membuka kesempatan bagi Asosiasi Pemerintah Daerah dan LSM yang punya missi sejenis sebagai  peserta/anggota  kehormatan.

 Rili Djohani Direktur eksekutif Coral Triangle Center  Bali mengatakan bahwa   jaringan CTI-LNG diharapkan menjadi jaringan antar Bupati/walikota pada  Negara CTI untuk menjamin bahwa pengelolaan sumber daya kelautan dan konservasi pada kawasan Negara Negara CTI dapat berjalan pada tingkat akar rumput.  Lebih lanjut belaiu menagatakan bahwa  kami siap melakukakn kerja sama dengan CTI-LNG  dan juga tokoh-tokoh  perempuan    dalam garis terdepan dalm menghadapi ancaman sumber daya kelautan  dalam Negara CTI

 Forum  CTI-LNG ke  3 terebut dilaksanakan oleh  Kementerin  Konservasi dan Perlindungan kawasan Papua New Guinea, dan Pemerintah Propinsi Milne Bay , bekerja sama dengan CTI Regional Secretariat,  USAID, Ausaid, the US of Department Interior , the Coral Triangle Center, NOAA dan TNC

 Pertemuan lanjutan akan dilaksanakan pada  Coral Triangle Bussines Forum  in Sustainable Marine Tourism pada Agustus 2015 di Nusa Dua ,Bali  (*/Sudirman.D)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *