Home » Berita Terpopuler » Bupati di Sultra Curhat Soal Gaji Kecil ke KPK

Bupati di Sultra Curhat Soal Gaji Kecil ke KPK

My Sultra.Com –  Kendari

Dua Bupati Kepala Daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) masing-masing Bupati Konawe,Kery Syaiful Konggoasa dan Bupati Kolaka Utara (Kolut) Rusda Machmud di hadapan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto, melakukan curhat (Curahan hati) soal kecilnya gaji pejabat bupati, sehingga tak heran jika ada bupati/walikota terpaksa dijobloskan dalam penjara karena terlibat kasus korupsi.

“Gaji sorang Bupati seperti Konawe dan bupati lain di Sultra hanya berkisar Rp 5,6 juta hingga 6 juta.Jumlah tersebut sangat tidak cukup jika dibanding dengan kondisi saat ini serta beban tugas dan tanggung jawab seorang bupati, jadi barang kali perlu dinaikkan” kata Bupati Konawe Kery Konggoasa di Kendari Kamis (19/6) pada acara kordinasi dan supervisi atas pengelolaan pertambangan mineral dan batubara, guna mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Kolaka Utara, Rusda Machmud.”Saya setuju seperti apa yang diungkapkan Bupati Konawe. Gaji saya hanya Rp 5,9 juta. Padahal hampir setiaphari, kadang masih subuh kita kedatangan tamu tim sukses yang melapor, misalnya anaknya akan disunat,” katanya disambut tawa hadirin.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam, mengatakan jangan gaji kecil dijadikan alasan untuk melakukan penyimpangan.”Sudah tau gaji kecil kenapa mau jadi bupati,” ujarnya sambil tertawa.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto menyatakan secara pribadi merasa prihatin dengan kecilnya gaji para bupati, namun tidak bisa dijadikan alasan untuk melanggar ketentuan dan perundangan yang berlaku termasuk korupsi. Sebab dalam banyak kasus, mereka yang terlibat tindak pidana korupsi bukan harena penghasilan kecil tetapi lebih karena persoalan moral. Bambang menambahkan bahwa yang sering terabaikan juga adalah mensukuri berbagai nikmat yang diberikan Tuhan. (Sudirman Duhari)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *