Home » Berita Terpopuler » Bupati Baru Wakatobi Diminta Lanjutkan BOP
Bupati Wakatobi Hugua memberikan keterangan pers usai menggelar acara buka puasa bersama masyarakat di Kendari
Bupati Wakatobi Hugua memberikan keterangan pers usai menggelar acara buka puasa bersama masyarakat di Kendari

Bupati Baru Wakatobi Diminta Lanjutkan BOP

KENDARI, MY SULTRA.COM – Bupati Wakatobi Hugua mengharapkan agar penggatinya Arhawi dapat melanjutkan realisasikan renanya pembentukan Badan Otorita Pariwisata (BOP)  yang akan ditetapkan melalui Kepres sebagai kunci percepatan dan loncatan pembangunan Wakatobi kedepan.

“Saya mengharapkan bupati baru yang akan dilantik tanggal 28 Juni 2016 untuk segera merealisasikan pembentukan BOP, sebab BOP menrupakan program pemerintah pusat dan menjadi batu loncatan percepatan pembangunan Wakatobi kedepan” kata Bupati Hugua Minggu (26/06/2016) di kediamannya di Kendari usai menggelar bukan puasa bersama masyarakat dan pemunda .

Menurut Hugua, penetapan Wakatobi sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis perioritas Parawisata Nasional yang dilanjutkan dengan pembentukan BOP merupakan penghargaan dan apresiasi tertinggi dari Presiden Joko Widodo bersama Wapres Yusuf Kalla terhadap Wakatobi.

Sebelumnya Hugua kepada My Sultra mengatakan rencanayanya pemeritah pusat  akan meningkatkan dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Sebab, dengan KEK itu, share infrastructure bisa dikebut, terutama jalan, air, listrik, pengelolaan persampahan, sumber daya manusia, perhubungan, telekomunikasi, termasuk dermaga, marina dan bandara, yang menjadi penentu akses dari dan ke Wakatobi. Kunci percepatan dan pengembangan destinasi Wakatobi adalah pada aspek 3A yakni akses, atraksi, dan amenitas kemudian pada saat yang sama sector manusia dan pelayanan.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Wakatobi harus mempercepat pemenuhan syarat terkait penyediaan lahan yang nanti akan dikelolah oleh badan otorita, yang dimana Wakatobi telah mempersiapkan potensi lahan antara 500 hingga 1.000 lebih hektar. Tentunya dengan dukungan ini, maka Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran 20,5 Triliun hingga tahun 2019 untuk pengembangan Badan Otorita Pariwisata Wakatobi.

Anggaran ini akan di kelola untuk pengembangan sector-sektor yang terkait dengan akses, atraksi, dan amenitas dan tentunya pengembangan sumber daya manusia. Implikasi besar bagi percepatan pembangunan Wakatobi yang meloncat 50 tahun ke depan yang mana bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Hugua, dengan terbentuknya Badan Otorita Pariwisata Wakatobi, Sulawesi Tenggara, bisa mendatangkan devisa senilai 500 juta dolar AS pada tahun 2019. Selama 10 tahun, (Dir)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *