Home » Headline » BKP sarankan Presiden Hapus Piutang PBB ‎dan BPHTB
Ketua BPK RI Harry Azhar Azar, bersama Bupati Kolaka Ahmad Safei, Bupati Kolut Rusda Mahmud, Wabup Koltim Andi Merya Nur dan pimpinan DPRD.

BKP sarankan Presiden Hapus Piutang PBB ‎dan BPHTB

KOLAKA,MYSULTRA.COM– ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, H Harry Azhar Azis ‎akan menyarankan Presiden RI supaya menghapus piutang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang selama ini menjadi beban daerah.

“Saya akan menyarankan kepada Presiden agar piutang PBB dan BPHTB yang selama ini menjadi beban daerah supaya dihapuskan saja,” kata Harry Azhar pada acara silaturahim dengan tiga kepala daerah, senin (28/11/2016) di Ball Room Sutan Raja Hotel.

Penghapusan piutang PBB dan BPHTB dinilai ketua BPK sangatlah penting, sebab selama ini timbulnya polemik keuangan terjadi disaat pengelolaannya masih ditangani oleh Ditjen Pajak. Bahkan Harry mengaku kalau masalah ini sudah pernah dibicarakan dengan Menteri keuangan sebelum Sri Mulyani.

“Hanya dengan menteri yang sekarang saya belum bertemu. Janganlah beban pusat diserahkan kepada bupati atau walikota, tidak fair menurut saya,” tegasnya.

Harry mengungkap kalau saat ini pitung PBB dan BPHTB di semua daerah di tanah air sangat besar, namun pola penagihannya tidak kunjung jelas. Hal ini disebabkan adanya kewajiban mengejar tunggakan piutang, sehingga dikwatirkan tugas utama menghimpun dana melalui sektor PBB dan BPHTB jadi terganggu.

Tak lupa Karena Harry Azhar ‎mengungkap kalau saat ini telah terjadi penurunan kualitas terhadap ketaatan dalam pelaporan keuangan, baik di tingkat kementerian maupun pada Pemerintah Daerah.

Sementara Bupati Kolaka, H Ahmad Safei menyampaikan apresiasi atas kesediaan ketua BPK RI datang ke bumi Mekongga yang merupakan kabupaten pertama yang dikunjungi di provinsi Sulawesi Tenggara, sekaligus bersilaturahim dengan tiga bupati yang ada di Sultra, yakni Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur yang juga dihadiri Pimpinan DPRD Kolaka dan sejumlah pejabat. (A Arsyad)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...