Home » Berita Terpopuler » Biaya Lampu Jalan di Rumbia Rp 15 Juta Per Minggu.

Biaya Lampu Jalan di Rumbia Rp 15 Juta Per Minggu.

My Sultra – Bombana

Penerangan lampu jalan yang berjumlah ratusan unit di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana menelan biaya Rp 15 juta dalam kurun waktu satu minggu lebih.Pembiayaan penerangan lampu jalan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini. Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten  Bombana, Yusuf Lara, menjelaskan, lampu jalan di Rumbia menggunakan sistem prabayar, sehingga untuk mempergunakan lampu tersebut pemerintah setempat melalui dinas terkait harus mengadakan pulsa terlebih dahulu.

           “Kalau lampu jalan ini  menyala semua dalam seminggu lebih biasanya menelan biaya Rp 15 juta. Dana peneranganya itu sudah dianggarkan dalam APBD selama satu tahun,” kata Yusuf Lara, pada wartawan, di ruang kerjanya, Senin (23/6).Menurutnya, sering terjadinya pemadaman lampu jalan ini disebabkan anggaran dana penerangan tertunda pencairanya.   “Kalau dananya sudah cair, kami langsung belikan pulsa namun dua malam terakhir ini lampu-lampu tersebut sudah menyala,kalaupun ada yang tidak menyala berarti balonya yang putus,” tuturnya.

           Dikatakan, pihaknya juga akan berusaha agar lampu jalan di Rumbia dapat menyala semua terutama dalam situasi bulan suci Ramadan nanti.  “Kedepanya pula, kami akan mengadakan lampu jalan untuk di wilayah kecamatan di Bombana, tapi peneranganya itu menggunakan tenaga surya,” pungkasnya.

           Secara terpisah, pimpinan PLN Rayon Bombana, Syamsu Kamar, mengaku bahwa lampu jalan yang ada di Ibukota kabupaten Bombana tersebut terdiri dari dua kategori. Dua kategori tersebut adalah kategori enam ribu enam ratus, serta kategori sepuluh ribu enam ratus. Jika diprediksi, lanjut dia,maka biaya pembelian pulsa tidak akan mencapai 15 juta perminggunya.”Kalau saya memprediksi, anggaran yang limabelas juta itu bisa mencukupi anggaran pemakaian lampu selama 15 hari. Itupun kalau semuanya dinyalakan selama 12 jam tiap harinya. Tapi ini baru prediksi pak,” ucap, Syamsu Kamal,  (Ridho)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *