Home » Berita Terpopuler » BI : Perekonomian Sultra Pada Triwulan I 2015 Akan Meningkat
20150204Dian_BI

BI : Perekonomian Sultra Pada Triwulan I 2015 Akan Meningkat

Dian Nugraha, Kepala Perwakilan BI Kendari Kendari,MySultra

Meski pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada triwulan IV 2014 hanya tumbuh sebesar 5,31 % year of year (yoy) lebih lambat dari pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 5,86 %  (yoy). Namun Bank Indonesia optimis perekonomian daerah ini pada triwulan I 2015 akan mulai meningkat dan berada dalam kisaran 7,4 % – 7,8 %.

“ Kita optimis pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan I 2015 akan meningkat pada kisaran 7,4-7,8  % kare kinerja akan didorong oleh perbaikan kinerja sektor tambang dan industri olahan”kata Dian Nugraha, Kepala Perwakilan BI Kendari pada acara Forun Komunikasi Ekonomi dan Keuangan Regional Sultra di Kendari Kamis (19/03/2015).

Sementara itu tekanan inflasi pada periode triwulan I 2015, kata Nugroho,  cenderung menurun dengan perkiraan berada pada kisaran 7,9 % -8,3%.  Kondisi tersebut diperkirakan akan dapat membawa inflasi sepanjang tahun 2015 berada dalam tren yang semakin rendah pada kisaran 3,4 % s.d 3,8% (yoy).

Sementara itu Deputi Kepala Perwakilan Bidang Ekonomi Moneter BI Sultra Hasiruddin menjelaskan, perlambatan ekonomi Sultra pada triwulan IV disebabkan oleh beberapa faktor antara lain penurunan kinerja  sektor pertambangan akibat pemberlakukan UU minerba, perlambatan kinerja sektor pertanian yang tengah memasuki musim tanam dan impor yang meningkat akibat tingginya konsumsi sejalan dengan pembangunan smelter serta ekspor yang masih terkontraksi.

Optimisme juga disampaikan oleh Sekda Prov Sultra, Lukman Abunawas. “Kita optimis pertumbuhan ekonomi Sultra akan makin membaik sejalan dengan pembangunan infrastruktur dan upata mendorong investasi didaerah untuk memfaatkan sumber daya alam serta upaya menekan inflasi” katanya .(Dir)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *