Home » Headline » Berita Bohong Bisa Sebarkan Paham Radikalisme
IMG_20170309_144550

Berita Bohong Bisa Sebarkan Paham Radikalisme

KENDARI – MYSULTRA.COM – Deputi I Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Mayjen  TNI Abdul Rahman Kadir mengatakan, berita bohong (hoak) bisa  menjadi media penyebaran paham radikalisme dan terorisme.
Penegasan Abdul Rahman Kadir disampikan pada kegiatan literasi media untuk penangulangan terorisme dan radikaslisme di salah satu hotel di Kendari, Kamis (10/3).
Saat ini pemakai internet di Indonesia sangat besar  yakni sekitar 132,8 juta orang setiap harinya, atau dalam lima menit masyarakat Indonesia  membuka internet.
Kondisi ini  menjadikan media internet menjadi alat yang paling efisien dan efektif untuk merekrut anggota baru teroris dan menyebarkan paham radikalisme.
“Kita bisa  lihat oknum yang akan membom istana, itu direkrut melalui internet, bahkan sang wanita yang merukan istri dari terduga dinikahi melalui internet dengan tujuan agar bisa menjadi pengantin (pelaku pemboman).
Kondisi ini, tambah jenderal berbintang dua, media diharapkan menjadi pilar terdepan dalam menanggulangi berita hoak,  dengan pemberitaan paham radikalisme yang adem  dan tidak terkesan propokasi.
Lebih jauh ia berharap dengan pemberitaan soal radikalisme dan terorisme yang ademn dan tidak  propokatif masyarakat semakin cerdas membedakan informasi mana yang layak dikonsumsi dan berita mana yang harus ditolak.
Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers, Imam Wahyudi  mengatakan berita hoak tidak hanya tersebar di media sosial  tapi, juga tersebar melalui  media mainstream. Oleh karena itu, koran dan televisi  harus melakukan verifikasi terhadap isu yang beredar di media sosial, jika isu tersebut akan diberitakan. (ido)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Muhammad Poli

DPRD Sultra Desak Eksekutif Segera Serahkan Draf APBD-P

KENDARI, MY SULTRA.COM – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ...

UKW ok

Pembekalan Peserta Uji Kompotensi Wartawan Anggota PWI

KENDARI, MY SULTRA.COM – Sebanyak 22 orang wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi ...