Home » Berita Terpopuler » Beras Sultra Diborong Pedagang Bawa ke Jawa dan Sulsel, Harga Naik

Beras Sultra Diborong Pedagang Bawa ke Jawa dan Sulsel, Harga Naik

Kendari – MySultra.com:

Beras produksi dari daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) kini diborong pegagang dari Jawa dan Sulawesi Selatan. Akibatnya harga beras didaerah ini cenderung naik. Hasrga beras per karung (20 kg) yang semula dijual Rp 235.000,- kini,  naik menjadi Rp 240.000,-

“Sebenarnya stok beras didaerah ini tidak kurang hanya saja saat ada aksi borong beras oleh pedagang beras untuk dibawa ke Jawa sementara pedagang beras dari Sulsel membeli gabah di daerah ini, menyusul menipisnya stok beras dan gabah di Jawa termasuk juga Sulsel akibat kemarau panjang, “ tutur Asdal seorang pegangang beras di Pasar mandonga Kota Kendari kepada MySultra.Com Sabtu (29/08/2015).

Sebelumnya,  Bulog Sultra menyatakan musim kemarau yang sudah mulai terjadi saat ini tidak memengaruhi persediaan beras di gudang Bulog setempat.

“Stok beras yang tersedia pada 10 gudang Bulog wilayah Sultra, mencapai 21.000 ton, atau diperkirakan habis sekitar bulan april 2016 untuk kebutuhan penyaluran raskin,” kata Kepala Divisi Regional Bulog Sulawesi Tenggara Ramli Hasan di Kendari, Selasa (11/8) kepada wartawan.

Menurut dia, stok beras Bulog Sultra, tergolong berlebihan karena secara nasional, standar ketahanan persediaan beras saat itu maksimal enam bulan ke depan.

Namun, katanya, ketahanan pangan di wilayah Bulog setempat saat ini mencapai delapan bulan.

“Memang kita menyaksikan pemberitaan sekarang ini bahwa El Nino akan mengancam ketahanan pangan. Tetapi bagi kami di Sultra, tidak akan masalah sampai El Nino itu berlalu,” katanya.

Ia menyebutkan produksi beras di Kabupaten Bombana saat ini masih berjalan normal, termasuk di beberapa sentra produksi beras lainnya di Sultra, seperti Konawe, Konawe Selatan, dan Kolaka.

“Saya baru mengunjungi beberapa sentra produksi beras. Belum ada kejadian luar biasa di sana terkait ancaman ketahanan pangan,” katanya.

Ia mengaku sudah menyiapkan langkah-langkah ketika El Nino memberikan dampak kepada persediaan beras yang berimbas pada kenaikan harga besar di pasaran.

“Salah satunya adalah menyiapkan operasi pasar ketika ada kenaikan harga beras di atas ambang batas kewajaran,” katanya. (*/Ican

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *