Home » Baubau » Benteng Keraton di Baubau Terbesar di Dunia
Benteng Terbesar di Dunia Terletak di Baubau Sulawesi Tenggara

Benteng Keraton di Baubau Terbesar di Dunia

KENDARI, MYSULTRA.COM – Benteng Keraton Buton di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) tercatat di Guiness Book of Record pada tahun 2006 sebagai benteng terbesar di dunia.

Benteng Ini luasnya mencapai 23.475 hektar. Bentuknya sngat unik dan terbuat dari campuran bahan kapur, batukali dan pasir. Tembok luar tingginya mencapai 2,7 meter melingkari istana Sultan Buton yang memiliki 12 gerbang  sesuai dengan jumlah lubang di tubuh manusia.

Benteng ini dibangun oleh Sultan Buton ketiga yang bernama La Sangaji di abad ke-16. Pada mulanya benteng ini hanya dibangun dari tumpukan batu di sekeliling kompleks istana untuk membatasinya dengan wilayah pemukiman rakyat. Kemudian pada masa pemerintahan pemerintahan selanjutnya oleh Sultan Buton ke-4, tembok ini mulai dibuat permanen dan menjadikannya benar-benar menjadi benteng yang kokoh.

Dalam benteng ini juga terdapat bagian-bagian benteng kecil yang memiliki fungsi berbeda-beda. Terdapat benteng Sorawolio yang merupakan tempat persembunyian untuk keluarga Sultan jika terdapat keadaan darurat. Juga terdapat benteng Katobengke yang merupakan tempat untuk mengeksekusi musuh.

Di bagian tengah benteng Buton ini terdapat masjid yang memiliki tiang bendera dengan tinggi 33 meter. Tiang bendera ini telah bertahan di situ selama 400 tahun, sama dengan usia kerajaan Buton. Tembok batu yang kokoh dan luas ini telah melindungi tiang itu bersama dengan kerajaan Buton hingga tetap eksis saat ini. (Mrdk/Dir)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *