Home » Headline » Baso Sumange Perintis IKADIN Kendari
Baso Sumange, SH memberikan sambutan usai menyerahkan jabatan sebagai Ketua DPC IKADIN Kota Kendari, Sabtu 23 Desember 2017 (Foto: Dir/Mysultra.com)
Baso Sumange, SH memberikan sambutan usai menyerahkan jabatan sebagai Ketua DPC IKADIN Kota Kendari, Sabtu 23 Desember 2017 (Foto: Dir/Mysultra.com)

Baso Sumange Perintis IKADIN Kendari

Mereka yang sering berurusan masalah hukum dan pengadilan di Kota Kendari, Sulawei Tenggara hampir bisa dipastikan mengenal nama,  setidaknya pernah mendengar nama Baso Sumange, SH. Maklum, dia adalah advokad senior bahkan advokat pertama di kota ini sekaligus sebagai perintis organisasi profesi IKADIN (Ikatan Advokat Indonesia) Kendari.

Ketika menyerahkan jabatannya sebagai Ketua DPC IKADIN Kendari, Sabtu (23/12/2017), dia mengisahkan, sekitar tahun 1995 dirinya mulai berkeinginan kuat merintis berdirinya IKADIN di Kota Kendari. Dia bahkan mengaku sebagai Ketua, meski dirinya saat itu masih berstatus sebagai pengacara praktek.

“Terus terang saat ada yang bertanya, siapa Seretaris, saya jawab saya, siapa anggota saya jawab saya,” ujarnya yang disambut gerrr… hadirin. “Untungnya waktu itu tak ada yang protes, sebab saat itu memang tidak ada pengacara di kota ini.” ujar Baso.

Sepuluh tahun kemudian, tetapatnya tahun 2005 barulah Baso mendapat SK dari DPP IKADIN bakan secara berturut turut menjabat sebagai Ketua hingga 2017 . Baso baru melepas jabatannya setelah menyerahkan kepada penggatinya AKP (Pur) Syahiruddin Latif, SH. Yang menarik dari acara serahterima jabatan Sabtu (23/12/2017) hari itu,  bertepatan dengan hari ulang tahun ke-60 Baso Sumange.

Baso berpesan kepada Ketua baru dan jajaran pengurus IKADIN Kota Kendari agar menegakkan kode etik advokat dan senantiasa menjalankan amanah organisasi serta menegakkan hukum dan keadilan sesuai dengan hati nurani. (Dir)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...