Home » Headline » Akun Media Sosial Calon Bupati/Wakil Bupati Harus Didaftar di KPU

Akun Media Sosial Calon Bupati/Wakil Bupati Harus Didaftar di KPU

Kendari – MySultra.Com

Akun Media Sosial (Medsos) para calon bupati/wakil bupati yang akan mengikuti pilkada serentak 9 Desember mendatang harus di daftarkan di KPU, sebab bagaimanapun sarana medsos itu cukup memberikan pengaruh besar terhadap perolehan suara nantinya (selain alat peraga, mobilisasi massa), medsos  juga sangat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap rating popularitas dari pasangan calon.

Selain itu penggunaaan medsos juga  harus menjunjung asas kesopanan, kesantunan, dan yang lebih penting adalah tidak menyinggung sara atau agama.
“ Jika tidak didaftarkan sebagai akun media sosial untuk media kampanye pasangan calon, maka akun tersebut harus ditutup. Panwaslu bisa merekomendasikannya ke KPU untuk ditutup,” jelas Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Hidayatullah, saat ditemui di kantornya, Rabu (2/9).

KPU  selanjutnya memerintahkan kepada pasangan calon yang bersangkutan untuk menutup akun tersebut Jika tidak dilakukan, maka pasangan calon ini nantinya akan diberikan peringatan. Tak hanya itu, masalah ini juga akan berdampak pada pembatalan dirinya sebagai calon kepala daerah.

Menurut hidayatullah,ada larangan-larangan kampanye baik media sosial maupun media ruang publik yakni tidak boleh menghina seseorang, tidak boleh menghina agama, suku, ras, golongan dari pasangan calon. Tidak boleh melakukan kampanye yang sifatnya menghasut, memfitnah, mengadu domba partai politik.Jika aturan tersebut dilanggar maka akan dikenakan pidana.. (ami)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *