Home » Headline » Ahmad Safei Lounching Sireka

Ahmad Safei Lounching Sireka

KOLAKA, MYSULTRA.COM – Bupati Kolaka H Ahmad Safei melounching Sistem Evaluasi Rencana Kerja atau disingkat Sireka, Jumat (28/10/2016) di aula Bappeda Kolaka.

Ahmad Safei menyampaikan apresiasi dan mendukung Sireka yang diprogramkan Kepala Bappeda Kolaka Samsul Kadar untuk dilaksanakan di kabupaten Kolaka, bukan hanya sekedar bahan kewajiban dalam pendidikan pimpinan (PIM) II. Diharapkan Sireka sudah harus dilaksanakan tahun 2017 nanti.

Karena program ini sangat bagus, Bupati meminta supaya segerah menindaklanjuti bekerjasama Bapersikom untuk bisa berjalan. Terlepas nantinya ketika program ini berjalan terjadi gep diantara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Sireka harus dilaksanakan, sebab itu merupakan resiko jabatan.

“Hari ini, Jumat 28 Oktober 2016, lounching Sistem Evalusi rencana kerja atau Sireka kabupaten Kolaka, dengan resmi saya nyatakan dimulai,” kata Ahmad Safei dihadapan sejumlah kepala SKPD.

Kepala Bappeda Kolaka Samsul Kadar selaku mencetus Sireka mengatakan, Sireka merupakan program berkelanjutan dan deteksi dini bagaimana pekerjaan itu belum selesai dilaksanakan setiap SKPD yang ada.

Munculnya Sireka menurut Samsu Kadar, ‎karena evaluasi rencana kerja SKPD yang dilaksanakan selama ini, dilakukan secara manual dengan menggunakan sistem administrasi surat menyurat dan laporan berupa dokumen yang tebal, sehingga sulit untuk diihtisarkan maksud dan tujuannya. Selain itu, evaluasi rencana kerja SKPD hanya dapat digunakan selama pelaksana tugas program dan kegiatan masih melaksanakan tugas sebagai pengendali program dan kegiatan, sehingga tidak berkelanjutan.”Berpijak dari masalah itu, dibuat Sireka yang mengacu pada sistem web yang akan dibangun,” ungkapnya.

Mantan Kadispenda Kolaka mengatakan, sebagai uji coba telah dibuat untuk 20 SKPD sebagai pelopor. Kedepan akan dibuat Sireka untuk 36 SKPD, se‎hingga nantinya sudah bisa dipantau pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing SKPD. Nantinya implementasi Sireka akan dilaksanakan evaluasi setiap triwulan, guna mengetahui apakah program SKPD berjalan atau tidak.

Dalam program Sireka, akan ada warna yang terlihat untuk melihat kinerja SKPD apakah sudah berjalan atau tidak. ‎Jika terlihat warna merah berarti masih jauh dari target, warna kuning mendekati target, warna hijau mendekati kesempurnaan dan warna biru sudah terealisasi atau melebihi target.

 

Penulis: A Arsyad

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...