Home » Berita Terpopuler » Ada Dua Versi Data Jumlah Penduduk di Indonesia

Ada Dua Versi Data Jumlah Penduduk di Indonesia

Kendarti – MySultra.Com

Data jumlah penduduk di Indonesia termasuk Sulawesi Tenggara saat ini ada dua versi yakni ada versi Badan Pusat Statistik (BPS) dan ada versi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. “Memang didunia data ada salah kaprah yang besar yakni data penduduk versi BPS dan versi Dinas Kependudukan. Perdaan terletak pada konsep” kata Kepala BPS Sultra Adi Nugroho kepada sejumlah pada acara wrkshop wartawan di Kendari Kamis (02/04/2015).

Konsep perhitungan penduduk yang dilakukan oleh BPS kata Adi Nugroho, “ menghitung jumlah orang yang beraktifitas di wilayah itu melalui sensus, jadi dihitung secara defakto. Sementara Dinas kependudukan menghitung jumlah penduduk sesuai dengan jumlah KTP, meski orang tersebut berada diluar negeri misalnya, sejauh pernah diterbitkan KTPnya, tetap dihitung. Jadi Dinas Kependudukan menghitung secara deyure,” tutur  Adi Nugroho

Jadi, kata Adi Ngroho, kedua data itu sama sama benar dan mana yang bisa digunakan tergantung kepentingan. Kalau misalnya,  mau membagikan raskin, untuk apa digunakan data jumlah penduduk versi Dinas Kependudukan, toh orangnya tidak ada di tempat. (Dir)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *