Home » Berita Terpopuler » 55 Fotografer Dunia Abadikan Potensi Budaya Buton

55 Fotografer Dunia Abadikan Potensi Budaya Buton

Mysultra.com: Sedikitnya 55 Fotografer dunia dari 28 Negara tiba di Kabupaten Buton untuk melihat keunggulan potensi wisata. Bahkan, sejak sabtu (7/6) rombongan sudah mulai tiba di Kota Baubau.

Kadis Pariwisata dan Kebudayann Kabupaten Buton, Abdul Zainuddin Napa mengatakan, kehadiran fotografer dunia di Buton  atas kersama Dinas Pariwisata Buton bersama Dirjen Destinasi Kemertrian Pariwsata untuk mengabadikan berbagai potensi budaya Buton agar dikenal di mata dunia. Bahkan, salah satu ikon eks kesultanan Buton yakni Benteng Kraton Buton yang ada di Kota Baubau menjadi destinasi (tujuan) awal para fotografer.

“Hasil fotonya  nanti akan diperlombakan dinegaranya masing karena yang datang, semua juara foto grafer masing-masing negara. Mereka juga datang untuk menyebarkan virus profesioanlisme pada foto grafer lokal,”katanya.

Hari pertama, pemotret akan berkunjung di benteng pemerintahan Kesultanan Buton (Keraton). Ditempat itu, juga akan menyiapkan tarian tradisional untuk diabdikan. Lalu berkunjung ke Wabula untuk menunggu munculnya sunrice (matahari terbit) terbaik di dunia sekaligus pesta adat tahunan, termasuk mengabadikan foto kerajinan indsutri tenunan dan tarian.

“Wabula dipilih sebagai destinasi karena sudah   ditetapkan sebagai desa adat dari Kementerian Pariwisata, karena disana kondisi masyarakatnya masih homogen dan dalam sejarah di wilayah itu ada situs kerajaan tertua di Buton,”kata Zainudin.

Selain itu, destinasi selanjutnya para fotografer akan mengunjungi Desa Bajo Lawele yang kehidupannya masih sangat orisinil. Dan potensi lain yang menjadi incaran yakni potensi tambang aspal yang dimiliki Buton.

Rombongan selanjutnya akan menuju  Desa Bajo Bahari dan Bajo La Wele. Sebab, dari 30 tempat bermukim masyarakat Bajo di Kabupaten, dua Desa itu kehidupan masyarakatnya sangat orisinil dengan ciri budaya yang masih sangat kental. Selanjutnya, menuju hutan lambusango.

“Ini sebagai ajang promosi agar budaya Buton makin dikenal di Internasional. Sebab, kedatangan para fotografer itu hanya mengunjungi tiga wilayah termasuk Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, dan pulau komodo Nusa Tenggara Barat,”tutur Zainuddin

Penulis: Hasrin

Editor: Sudirman Duhari

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *