Home » Headline » 352 KK di Kolaka Dapat Bantuan Perumahan
Bupati Kolaka H Ahmad Safei menyerahkan buku rekening kepada masyarakat penerima bantuan perumahan

352 KK di Kolaka Dapat Bantuan Perumahan

KOLAKA,MYSULTRA.COM – Tahun 2016 sedikitnya 352 Kepala Keluarga (KK) di kabupaten Kolaka mendapat jatah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Bantuan perumahan yang merupakan kerjasama Pemda Kolaka dengan Dirjen penyediaan perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), diserahkan melalui rekening masing-masing penerima. Buku tabungan ini secara simbolis diserahkan Bupati Kolaka H Ahmad Safei, didampingi Baso Amir dari Kementerian PUPR, Jumat (9/9/2016) di kantor desa Pelambua kecamatan Pomalaa.

Adapun penerima BSPS tidak merata di semua kecamatan yang ada di kabupaten Kolaka, tapi tahun ini yang mendapat jatah hanya kecamatan Pomalaa dan Tanggetada. Untuk kecamatan Pomalaa terdapat 4 desa/kelurahaan yakni desa Hukohuko mendapat 69 unit termasuk tambahan 15 unit, kelurahan Dawidawi 38 unit termasuk tambahan 8 unit, desa Oko-oko 47 unit termasuk tambahan 10 unit dan desa Pelambua 50 unit termasuk tambahan 11 unit.

Adapun kecamatan Tanggetada terdapat 3 desa/kelurahan, yakni ‎Petudua 42 unit termasuk tambahan 12 unit, Lamedai 55 unit termasuk tambahkan 15 unit, serta Anaiwoi 51 unit termasuk tambahan 13 unit. Masing-masing KK mendapat dana Rp 10 juta.

Bupati Kolaka H Ahmad Safei bersyukur kabupaten Kolaka mendapat dana BSPS. Diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk memperbaiki rumah, bukan sebaliknya digunakan tidak pada peruntukannya, apalagi dana itu langsung masuk direkening masing-masing penerima dana BSPS.

Kepada masyarakat yang belum kebagian, diharap supaya bersabar karena masih ada tahun berikutnya. Hindari sifat cemburu dan iri hati dengan menganggap yang menerima semua orangnya Kades, sebab jika itu terjadi tidak akan jalan pembangunan di desa.

“Jangan muncul berita salah yang dibawah kemana-mana, tapi hendaknya berdoa supaya tahun depan bisa dapat,” harapnya.

Untuk menjaga dana BSPS disalah gunakan, pihak Pemda Kolaka akan membentuk tim yang bertujuan mengawasi. Diharap15 hari dari sekarang dana itu sudah dicairkan, kemudian progres dalam 30 hari sudah beli bahan dan pekerjaannya sudah 60 persen.

Sementara ‎Baso Amir mengungkapkan, ini merupakan aktualisasi program peningkatan kualitas rumah swadaya, pada Satuan Kerja (Satker) non vertikal. Tujuannya memberikan dana stimulan kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan tinggal di rumah tidak layak huni, sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas rumahnya dari tidak layak huni menjadi layak huni.

Diungkapkannya, beradasarkan SK Dirjen penyediaan perumahan kementerian PUPR nomor 16 tahun 2016, target peningkatan kualitas perumahan di provinsi Sultra sebanyak 2.000 unit rumah, dengan total anggaran Rp 30 milyar, tersebar di 9 kabupaten/kota, 18 kecamatan dan 54 desa/kelurahan.

“Untuk Kabupaten Kolaka mendapat bagian 352 unit rumah yang berada di kecamatan Pomalaa dan Tanggetada,” kata Amir Baso.

 

 

Penulis: (A Arsyad)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *