Home » Headline » 11 Februari 2017 Kolaka Gelar STQ
Wakil bupati Kolaka Muh Jayadin didampingi Kakan Kemenag Kolaka Azis Baking, memimpin rapat penentuan pelaksanaan STQ tingkat kabupaten Kolaka

11 Februari 2017 Kolaka Gelar STQ

‎”‎Karena itu akan disurati semua camat kalau tahun ini telah disepakati oleh pengurus LPTQ hanya dilaksanakan STQ. Yang tidak kita hilangkan pawai ta’ruf karena itu merupakan syiar Islam,” kata Jayadin.

KOLAKA, MYSULTRA.COM – Pemkab Kolaka akan menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ), sekaligus Festival seni Kasidah tingkat kabupaten Kolaka, pada hari sabtu 11 februari 2017 mendatang. Hal ini berdasarkan hasil rapat Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kolaka, senin (‎16/1/2017)  di ruang rapat Bupati.

Dalam rapat yang dipimpin ketua umum LPTQ Kolaka yang juga wakil bupati Kolaka H Muh Jayadin, juga ditetapkan pembukaan STQ yang diawali pawai ta’ruf di lapangan 19 november sekaligus tempat lomba festival kasidah. Sementara tempat pelaksanaan STQ di gedung islamic center dan rumah adat Mekongga.

Menurut Jayadin, ‎tahun 2017 ini di Kolaka tidak dilaksanakan MTQ tapi STQ dengan menyesuaikan kalender Provinsi dan Pusat. Ini juga dilakukan dengan melihat kondisi keuangan Pemda Kolaka yang belum maksimal, termasuk masih adanya beberapa pekerjaan fisik yang belum terbayarkan di tahun 2016. Jika melaksanakan STQ hanya menghabiskan anggaran sekitar Rp 500 juta, sedangkan MTQ biayanya ‎Rp 2 milyar. Ini artinya terjadi penghematan biaya hingga Rp 1,5 Milyar.

“‎Karena itu akan disurati semua camat kalau tahun ini telah disepakati oleh pengurus LPTQ hanya dilaksanakan STQ. Yang tidak kita hilangkan pawai ta’ruf karena itu merupakan syiar Islam,” kata Jayadin.

‎Sekretaris LPTQ Kolaka H Syaifuddin Mustaming menyampaikan bahwa lomba STQ hanya melombakan tiga cabang, yakni tilawah tiga golongan, hifzil quran semua golongan dan tafsir Alquran yang ditentukan pada juz 7. Juga disampaikan jadwal STQ tingkat Provinsi Sultra dilaksanakan pada ‎minggu kedua bulan Maret dan festival seni kasidah pada bulan April di Kabupaten Kolaka Utara.

Adapun Ketua Laksi Kolaka yang juga Kabag Kesra Kolaka Hj Andi Wahidah menyampaikan kalau lomba festival kasidah melombakan dua cabang yakni kasidah klasik dan bintang vokalis.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kolaka H Azis Baking mengungkapkan bahwa di kabupaten/kota tidak mengenal yang namanya STQ, tapi MTQ. Namun di Kolaka melakukan terobosan dengan hanya melaksanakan STQ. Selain itu diharapkan kualitas dewan hakim ‎supaya lebih bagus, dengan memberikan penilaian sejujurnya, sehingga peserta yang menang benar-benar berkualitas.

Penulis: (A Arsyad)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...