Home » Headline » 101 orang Penguji dan Calon Penguji PWI mengikuti Assessment

101 orang Penguji dan Calon Penguji PWI mengikuti Assessment

“Karena PWI salah satu lembaga yang diminta oleh dewan pers untuk menguji kompetensi wartawan, PWI secara profesional meminta bantuan lembaga mata hati untuk menguji para calon penguji ini,” jelas Hendry.

JAKARTA,  MYSULTRA.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, selaku lembaga penguji kompetensi wartawan dari Dewan Pers, melakukan assessment terhadap lebih dari seratus orang penguji maupun calon penguji di aula kantor PWI Pusat, Jakarta, Sabtu (9/9).

Sebanyak 101 peserta dari seluruh Indonesia, termasuk tiga orang calon penguji dari Sulawesi Tenggara (Sultra) mSing masing Sudirman Duhari (Ketua DKP PWISultra). Sarjono (Ketua PWI Sultra).  Mahdar Tayong (Sekretaris PWI Sultra) mengikuti rangkaian assessment yang berlangsung marathon dari pagi sampai sore.

Assessment yang diadakan atas kerja sama dengan lembaga psikolog mata hati, menurut Sekjen PWI Pusat Hendry CH Bangun, bertujuan untuk menjaring dan menempatkan penguji dari PWI yang kompoten.

Melalui assessment ini PWI dapat melakukan pemetaan kemampuan dan potensi para penguji. Sejak ditandatangani Piagam Palembang pada 2010, telah disepakati empat standar dalam pers. Selain standar pelaksanaan kode etik jurnalistik, standar perlindungan wartawan, dan standar perusahaan pers, juga standar yang sedang dihadapi terkait UKW yakni standar kompetensi wartawan.

Setelah kebijakan bahwa wartawan harus memiliki standar, masalah berikutnya adalah lembaga yang kompeten untuk menguji wartawan.

“Karena PWI salah satu lembaga yang diminta oleh dewan pers untuk menguji kompetensi wartawan, PWI secara profesional meminta bantuan lembaga mata hati untuk menguji para calon penguji ini,” jelas Hendry.

Pada kesempatan ini assessment dibagi dalam tiga sesi, pertama psicological test, kedua interview, ketiga FGD dengan tema manajemen perusahaan pers (Dir) 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...