Home » EKONOMI » ‎Safei Pimpin Pembongkaran Bangunan Pasar

‎Safei Pimpin Pembongkaran Bangunan Pasar

 Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei menyaksikan pembongkaran bangunan pasar raya Mekongga yang sebelumnya terbakar, guna dibangun kembali.
Kolaka,MySultra bupati Kolaka,H. Ahmad Safei memimpin langsung pembongkaran bangunan pasar raya Mekongga yang terbakar beberapa waktu lalu, Kamis (23/4/2015).

 
Bupati Kolaka mengungkapkan, pembongkaran bangunan dengan menggunakan alat berat karena bangunan itu sudah lapuk dan berbahaya. Sebagian gedung sudah goyang, sehingga dikwatirkan ketika datang angin bangunan akan ambruk dan menimpa warga. Karena itulah dilakukan pertemuan dengan para tokoh dan pedagang pasar, dimana hasilnya disepakati dibongkar yang kemudian dibangun lagi.
 
Ahmad Safei mengatakan bahwa secara estetika, bangunan pasar yang ada saat ini memang sudah tidak memenuhi syarat jika melihat toko-toko yang ada didepan yang sudah tiga tingkat. Karena itulah, nantinya akan dibangun dua atau tiga tingkat dengan gaya modern, minimal seperti pasar butung di Makassar atau mall Mandonga Kendari.
 
Untuk membangun kembali toko yang diratakan, ada beberapa opsi yang ditawarkan. Salah satu opsi yang akan dilaksanakan adalah kerjasama antara Pemda dan pedagang pasar, sebab jika harus menggunakan jasa developer itu sangat mahal. Karena itulah telah disepakati tidak menggunakan developer tapi shearing antara Pemda dan pedagang pasar untuk membangun bersama. 
 
“Kita prioritaskan pada pedagang yang tokonya terbakar. Rencananya keseluruhan dibangun, tapi kita lihat dulu kemampuan anggaran. Kalau mampu ya kita bangun keseluruhan.”katanya.
 
Dalam membangun pasar yang berlantai dua atau tiga, Bupati mengaku akan menggunakan dana APBD maupun APBN. Karena itu pihaknya akan mengusahakannya. Tentunya dengan terbangunnya gedung pasar yang baru, ada peluang bagi para pedagang lainnya yang ada di Kolaka untuk menjual di pasar raya Mekongga.
 
Sementara untuk menghindari pedagang membikin lapak-lapak untuk menjual pada bangunan yang sudah diratakan, Bupati memerintahkan Kadis kehutanan dan kepala BLHK untuk menanam pohon ditempat itu. Tempat itu untuk sementara akan dijadikan tempat bermain. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *