Home » BISNIS » ‎Safei dan Anwar Jadi Narasumber Masa Depan Kakao Dunia
Bupati Kolaka Ahmad Safei, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh dan Dirjen Perkebunan menjadi narasumber diskusi nasional memastikan masa depan kakao dunia.

‎Safei dan Anwar Jadi Narasumber Masa Depan Kakao Dunia

KOLAKA, MY SULTRA.COM – Bupati Kolaka, Ahmad Safei dan Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh ‎menjadi nara sumber dalam diskusi nasional dan konferensi pers memastikan masa depan kakao dunia, senin (20/6/2016) di hotel Aston Jakarta.
Kabag humas dan protokol Setda Kolaka, Amri Djamaluddin yang ikut mendampingi bupati Kolaka mengatakan, diskusi nasional dilakukan guna mengoptimalisasi peran Pemerintah pusat, dalam rangka peningkatan produksi hasil kakao melalui kebijakan anggaran dari kementerian pertanian terutama daerah-daerah penghasil komoditi Kakao, termasuk kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara.
Dalam acara itu, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI menyampaikan janji Presiden Jokowi yang akan mengalokasikan dana Rp 1 triliuan sampai hari ini belum direalisasikan. Alasannya karena masih terjadi defisit Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).
Adapun Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh menyampaikan ‎kebijakan integrasi tanaman kakao dengan jagung sudah dilaksanakan di daerahnya, termasuk program peremajaan berkelanjutan yang merupakan program Gernas.
Sementara Bupati Kolaka Ahmad Safei menyampaikan bahwa kakao merupakan icon kabupaten Kolaka, sebab pada saat terjadi krisis moneter tahun 1998, justru petani kakao di Kolaka tidak merasakan dampak krisis, justru petani mendapatkan hasil yang melimpah dari harga kakao yang melambung tinggi.
Saat ini di kabupaten Kolaka telah ada kakao village atau perkampungan kakao di kelurahan Balandete yang dibangun diatas lahan seluas 300 hektare milik masyarakat. Tempat ini dijadikan kebun percontohan, sekaligus menjadi tempat pendidikan dan pembelajaran bagi petani kakao, bagaimana meningkatkan hasil produksinya. (A Arsyad)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *