Home » Berita Terpopuler » ‎Safei Bersama Umat Islam Laksanakan Shalat Istisqa
  • shalat istisqa di lapangan Konggoasa

    Ribuan umat Islam di kabupaten Kolaka melaksanakan shalat istisqa di lapangan Konggoasa, guna meminta hujan.

  • Doa Masyarakat Kolaka di Ijaba

    Klick Gambar untuk membaca selengkapnya.

‎Safei Bersama Umat Islam Laksanakan Shalat Istisqa

Kolaka,mysultra.com

Dampak kekeringan yang mulai dirasakan masyarakat Kolaka, membuat Bupati Kolaka, H Ahmad ‎Safei bersamaa umat Islam di Kolaka melaksanakan shalat istisqa atau minta hujan, Jumat (30/10/2015) di lapangan Konggoasa.

 Shalat istisqa dipimpin imam masjid Baiturrahim, kelurahan Sea, Syamsuddin dan khatib sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kolaka Ustadz H. Duana Said. Turut shalat Ka‎polres Kolaka AKBP Agus Iman Rifai, Sekab Kolaka H Poitu Murtopo, sejumlah pejabat, tokoh agama dan masyarakat muslim lainnya yang memadati lapangan pada pukul 07.00 wita.

 Dalam khutbahnya, ustadz Duana Said mengatakan, bisa jadi musibah yang dihadapi diakibatkan dosa-dosa manusia. Karena itu, dirinya berharap Allah menghapuskan dosa-dosa masyarakat Kolaka, jika memang akibat dosa yang diperbuat menyebabkan hujan tidak turun. Dengan doa yang dipanjatkan semoga Allah menurunkan hujan, sehingga tanaman yang sudah hampir mati hidup kembali.

 Usai shalat istisqa, Bupati Ahmad Safei mengatakan, kejadian yang dialami berkaitan kekeringan saat ini, bisa jadi karena ada kesalahan atau perbuatan yang dilarang agama telah dilakukan. Karena itu, melalui shalat istisqa diharapkan Allah mengampuni dosa dan apa yang terjadi beberapa bulan terakhir ini segera berakhir.

 “Ini juga anjuran dari Rasulullah ketika terjadi kekeringan supaya melaksanakan shalat istisqa,” katanya.

 Banyaknya tokoh agama dan masyarakat Kolaka yang ikut melaksanakan shalat karena semua sadar dan merasakan ada yang tidak normal dengan musim kemarau ini, sehingga dilaksanakan shalat istisqa karena musim kemarau baru dirasakan separah ini, awalnya semua berharap pada bulan september sudah terjadi hujan, ternyata sampai hari ini belum terjadi hujan.

 ‎Selain melaksanakan shalat istisqa, Bupati juga menghimbau semua masyarakat setiap shalat untuk berdoa minta hujan, serta menganjurkan pada shalat jumat setelah khutbah kedua khatib membaca doa minta hujan.

Safei juga mengaku Kolaka tidak terlalu parah jika dibandingkan daerah lain. Ini dibuktikan dengan masih adanya air di sungai. Hanya saja memang tahun ini sangat parah jika dibanding tahun sebelumnya.

 Akibat kemarau yang terjadi, empat kecamatan di Kolaka sangat merasakan hal ini yakni kecamatan Tanggetada, Polinggona, Watubangga dan Toari, sebab di daerah itu kurang hujannya dibanding daerah lain di wilayah Kolaka, sehingga sering terjadi kekeringan.

(A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *