Home » Headline » ‎Calon Maba USN Jalur Mandiri Perebutkan 250 Kursi

‎Calon Maba USN Jalur Mandiri Perebutkan 250 Kursi

 Karo Akademik, H. Nurholis bersama Wakil Rektor I USN Kolaka, Ruslin Hadanu meninjau pelaksanaan ujian calon Maba jalur mandiri.
Dari 603 calon Mahasiswa Baru (Maba) Universitas SembilanBelas November (USN) Kolaka yang mendaftar pada jalur mandiri, mereka akan memperebutkan 250 kursi untuk kuliah di kampus Kolaka.
“USN membuka kesempatan bagi adik-adik kuliah disini melalui jalur mandiri. Dari 603 orang pendaftar, mereka akan memperebutkan 250 untuk kampus Kolaka, selebihnya akan ditempatkan di kampus Tanggetada.”kata Karo Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan kerjasama yang juga ketua sub panlok, H. Nurholis ditemui saat meninjau pelaksanaan ujian jalur mandiri, sabtu (11/7) di kampus USN.
Meski terdaftar 603 orang untuk jalur mandiri, namun yang ikut ujian hanya 90 pe‎rsen, sebab beberapa pendaftar sudah lulus dijalur SBMPTN. Mereka kwatir jika tidak lulus di SBMPTN maka mereka bisa mendaftar jalur mandiri dan jika tidak mendaftar otomatis tidak bisa kuliah lagi di USN Kolaka.
“10 persen yang tidak hadir itu sudah lulus di SBMPTN. Mereka kemarin mendaftar jalur mandiri karena takut tidak lulus di SBMPTN.”kata Nurholis.
Ditempat yang sama, Wakil Rektor I Dr. Ruslin Hadanu mengungkapkan bahwa untuk jalur mandiri ini dibuka untuk memperebutkan prody yang masih kosong dari quota yang disiapkan. Seperti halnya Sistem Informasi (SI) saat SBMPTN yang lulus 128 orang dan tersisa 7 orang yang akan mengisi untuk kuliah di kampus Kolaka. Bagi rengking 8 seterusnya mereka akan ditempatkan di kampus Tanggetada jika menandatangani surat pernyataan kesiapan kuliah di Tanggetada. Sama halnya untuk FKIP tersisa 30 hingga 40 kursi untuk kuliah di kampus Kolaka.
“Jika tidak menandatangani pernyataan kesiapan itu pasti kita tidak luluskan. Ini disebabkan karena faktor sarana yang terbatas. Jadi yang paling diminati jalur SBMPTN yakni SI dan Administrasi negera, sementara yang masih kurang agrotek, perikanan dan agrobisnis.”ungkapnya.
Menurut Ruslin, bagi yang sudah lulus jalur SBMPTN semua kuliah di kampus Kolaka karena saat mendaftar tidak diberikan surat pernyataan kuliah di Tanggetada. Meski demikian, mereka akan mengidentifikasi calon Maba yang telah lulus yang berasal dari Tanggetada maupun Boipinang yang lebih dekat dari tempat mereka untuk kuliah di Tanggetada, selanjutnya mereka akan digantikan dari Maba yang lulus jalur mandiri.
Diungkapkannya, memang untuk tahun ini USN Kolaka memprioritaskan untuk kuliah di kampus Tanggetada, meskipun mahasiswa lama tetap di kampus Kolaka. Karena itu di Tanggetada akan dibuka setiap prody dua hingga tiga kelas dengan kafasitas 45 orang/kelas, sebab tahun ini USN Kolaka menargetkan membuka hingga 2 ribu Mahasiswa baru.
“Yang mendaftar jalur SBMPTN itu banyak dari luar Kolaka. Bahkan urutan pertamanya itu orang dari Bandung.”kata Ruslin Hadanu. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *