Home » Berita Terpopuler » ‎Bupati Curhat pada Sekjen PWI Berkaitan UU 23

‎Bupati Curhat pada Sekjen PWI Berkaitan UU 23

Bupati Kolaka Ahmad Safei didampingi wabup, Muh. Jayadin saat menerima sekjen PWI Pusat, Hendrik Ch Bangun bersama rombongan di rujab Bupati
Saat menjamu sekjen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Bupati Kolaka Ahmad Safei curhat berkaitan dengan keluarnya Undang-Undang nomor 23 tentang Pemerintah Daerah.
“Dengan keluarnya UU 23 mengantikan UU 32, kewenangan Bupati diambil alih Gubernur‎.”kata Ahmad Safei di rujab Bupati, Rabu (10/6) malam.
Dengan keluarnya UU nomor 23 tahun 2014, semua urusan pemerintahan bidang pertambangan mineral dan batubara yang dulunya menjadi kewenangan Bupati seperti pemberian izin usaha pertambangan dan pencabutan IUP, maupun rekomendasi sekarang sudah menjadi kewenangan Gubernur.
Selain itu, kewenangan dibidang kehutanan dan kelautan juga diserahkan di Provinsi, sehingga ketika terjadi perambahan hutan dan penggunaan bom ikan, pihak Pemkab/Pemkot tidak bisa melakukan tindakan dan bisa jadi membiarkannya karena tidak lagi memiliki kewenangan tapi sudah menjadi kewenangan dinas Provinsi.
Menurut Safei, seharusnya ketika aturan itu berlaku perangkatnya sudah siap. Bukan seperti ini, perangkat belum siap sudah diberlakukan aturan itu. Dia menyarankan harusnya sebelum perangkat dilapangan belum siap, diberikan dulu kewenangan kepada Bupati dan walikota.
Terkait UU 23, Sekjen PWI Pusat Hendrik Ch Bangun merasa heran dengan aturan itu, sebab menurutnya sebelum aturan itu dibuat terlebih dahulu pihak legislatif turun ke lapangan, bukan membuat aturan dengan tidak memperhatikan aspirasi masyarakat bawah.
Karena itu, Hendrik menyarankan supaya semua Bupati dan walikota se Indonesia melakukan gugatan terhadap keluarnya UU 23 dengan mengajukan ‎judicial review ke Mahkamah Konstitusi, sebab sangat disayangkan Pemkab hanya menjadi penonton.  (A Arsyad).

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *