Home » EKONOMI » ‎Banjir Menerjang Rumah Dua Desa di Tanggetada
banjir genangi rumah warga(1)

‎Banjir Menerjang Rumah Dua Desa di Tanggetada

Rumah warga yang terkena banjir akibat meluapnya sungai Oneeha penuh dengan lumpur.
Kolaka,MySultra– Banjir akibat meluapnya sungai Onneha menerjang rumah warga di dua Desa di kecamatan Tanggetada pada dini hari, selasa (5/5/2015), membuat puluhan rumah warga mengalami rusak parah.
Hujan yang deras yang terjadi sekitar pukul 04.00 wita membuat sungai Oneeha meluap dan menerjang desa Popalia dan Desa Onneha. Akibatnya warga mengungsi di tempat aman yang disediakan masyarakat setempat yang prihatin pada tetangganya, maupun mengungsi di rumah kerabat mereka yang tidak terjadi banjir.
Salah seorang warga Popalia, Lisnawati ditemui dilokasi banjir, selasa siang mengaku banjir yang melanda desanya diakibatkan hujan lebat yang terjadi disaat mereka masih terlelap tidur. Hujan yang terjadi hanya dua jam menyebabkan sungai Oneeha meluap dan merembes ke rumah-rumah mereka. Ketinggian air bahkan mencapai satu meter lebih.
“Hujannya deras sekali, sekitar jam 2 mulai hujan, lalu jam 4 air sudah masuk dalam rumahku, dia bawa lari semua barang-barangku. Sampai ‎di paha airnya,”kata Lisnawati.
Akibat dihantam air sungai, rumah Lisnawati yang terbuat dari kayu mengalami rusak parah, sehingga dirinya terpaksa mengungsi ditempat pengungsian yang disiapkan masyarakat setempat.
“Terpaksa saya mengungsi disini, sebab rumah saya rusak akibat banjir pak.”katanya.
Begitupun salah seorang warga Oneeha, Elyas mengaku kalau penyebab meluapnya air sungai Oneeha, hingga membanjiri rumah mereka akibat aktivitas perkebunan lahan kelapa sawit yang berada di hulu sungai. Sebelum ada perkebunan kelapa sawit di daerah itu, wilayah mereka tidak perna kebanjiran.
Berdasarkan data dari ‎Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka, sedikitnya 6 rumah warga rusak parah di desa Popalia, semntara puluhan lainnya rusak ringan. Adapun di desa Oneha terdapat 40 rumah warga yang mengalami rusak ringan. Akibat banjir ini Pemkab Kolaka dan aparat kepolisian Kolaka dikerahkan untuk membantu warga. Bersyukur dalam musibah ini tidak ada korban nyawa dan hanya kerugian materil yang dialami warga.‎ (A Arsyad)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *